Juara I, Qari Remaja Kalteng Dapat Bonus Rp120 Juta

Palangka Raya (Humas) Sukses mengharumkan Bumi Tambun Bungai di ajang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXIX di Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Andi Saputra qari remaja putra diganjar bonus Rp100 juta dari Pemerintah Provinsi Kalimantan.

Bonus itu diserahkan oleh Wakil Gubernur Kalteng, H Edi Pratowo didampingi Sekda sekaligus Ketua Umum LPTQ Kalteng, H. Nuryakin saat kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur, Sabtu (22/10/2020) malam.

Selain bonus Rp100 juta dari Pemprov Kalteng, Wahyu juga mendapatkan bonus Rp20 juta dari LPTQ Kalteng. Sehingga total yang didapatkan qari remaja asal Kabupaten Kotawaringin Barat itu sebanyak Rp120 juta.

Selain Wahyu, Pemprov Kalteng juga memberikan bonus Rp50 juta untuk Rhomy Firmansyah yang meraih gelar juara III cabang qiraat Alquran golongan qiraat sab’ah murattal dewasa. Dari LPTQ, Rhomy mendapatkan bonus Rp10 juta sehingga total bonus yang diterima Rp60 juta.

Sementara untuk juara harapan II yang diraih tim fahmil Quran, LPTQ memberikan bonus Rp9 juta untuk tiga orang dan begitu juga untuk juara harapan III cabang seni baca Alquran golongan  tilawah remaja putri, Sintia Febriani.

Sekretaris Umum LPTQ Kalteng, HM Yusi Abdhian mengaku bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Wahyu Andi Saputra peserta cabang seni baca Alquran golongan remaja putra yang berhasil mengharumkan Provinsi Kalimantan tengah di ajang MTQ Nasional ke 29 dengan meraih prestasi sebagai juara I.

“Apresiasi juga untuk saudara Rhomy Firmansyah yang sukses meraih juara III cabang qiraat Alquran, kepada tim fahmil Quran yang sukses meraih prestasi harapan II dan saudari Shintia Febriani yang sukses menempati posisi harapan III golongan remaja putri. Prestasi ini bukti bahwa usaha keras LPTQ Provinsi Kalteng melakukan pembinaan selama satu bulan membuahkan hasil,” ucapnya.

Dikatakan pembinaan intensif dari LPTQ baik kabupaten/kota ataupun provinsi sangat menentukan optimalisasi para peserta dalam berkompetisi dan meraih prestasi. Karena itu, LPTQ Kalteng ke depan akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan sistem pembinaan secara sistematis, komprehensif dan berkesinambungan sehingga potensi-potensi peserta MTQ/STQ asal Bumi Tambun Bungai bisa tergali maksimal.

“Kita juga berharap para peserta untuk terus meluangkan waktu secara istiqomah untuk belajar, berlatih dengan guru-guru di daerah masing-masing. Syukur-syukur bisa menimba ilmu dengan pelatih-pelatih yang berskala nasional di Jawa. Sehingga saat menghadapi ajang MTQ atau STQ baik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional betul-betul sudah siap mental, siap kemampuan dan siap berpompetisi dengan peserta lain tidak terkecuali dari provinsi lainnya,” ucapnya.

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kalteng itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, Wakil Gubernur H. Edi Pratowo dan Sekda Kalteng, H Nuryakin yang banyak memberikan perhatian dan dukungan baik dari sisi penguatan kompetensi maupun dukungan materi dan penghargaan baik di pelaksanaan MTQ di tingkat Provinsi Kalteng bahkan tingkat nasional.

“Pemprov juga banyak memberikan apresiasi secara personal kepada kafilah kita. Lebih-lebih bagi mereka yang sukses meraih prestasi. Sekali lagi kami haturkan terima kasih. Semoga perhatian ini akan turut mensukseskan program-program pembangunan di Kalteng menunju Kalteng semakin berahlak penuh keberkahan,” ucapnya.