Dua Qari Kalteng Tampil Mulus di Final MTQN

Banjarbaru (Humas) Dua qari Kafilah Provinsi Kalimantan Tengah sukses menunjukan penampilan terbaik di babak final Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXIX di Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (17/10).

Kedua qari asal Bumi Tambun itu adalah Wahyu Andi Saputra, peserta cabang seni baca Alquran golongan remaja putra dan Rhomi Firmansyah peserta cabang qiraat Alquran golongan qiraat sab’ah murattal dewasa.

Wahyu sapaan akrab Wahyu Andi Saputra tampil diurutan kedua di Astaka Utama Kiram Park Banjar sekitar pukul 10.05 Wita dihadapan majelis hakim yang diketuai oleh Hj. Alfisyah Arsyad.

Qari asal Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah ini tampil memukau melantunkan surat Hud ayat 110-115 dengan urutan irama lagu bayati, hijaz, nihawand, rast dan sika.

Sementara Rhomi Firmansyah tampil memukau di mimbar Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kiram membacakan surat Yunus ayat 53-65 dengan qiraat Imam Ibnu Katsir, riwayat Bazziy dan Qunbul.

“Alhamdulillah keduanya tampil mulus dan sangat baik. Insyaallah kita bisa juara I, mohon doanya,” ucap Pengurus LPTQ Kalteng, H. Riduan Syahrani usai menyaksikan penampilan kedua peserta kafilah Kalteng itu.

Sementara pelatih cabang seni baca Alquran Kafilah Kalteng, KH. Chairuddin Halim mengaku bersyukur salah satu qari binaanya berhasil masuk babak final.

“Kami memang sudah prediksi peserta remaja putera kalteng ini masuk final karena potensi suaranya memang sudah standar nasional. Ia menguasai lagu, irama dan variasi di atas rata-rata serta memiliki bawaan gaya Syekh Mustafa Ismail dari Mesir,” ucapnya.

Pun begitu dengan peserta Rhomi Firmasnyah juga memiliki kualitas suara yang khas dan berstandar nasional.

Kyai yang aktif sebagai pembina Pondok Pesantren Al-Wafa serta aktif diberbagai organisasi kemasyarakatan Islam di Kalteng ini mengajak seluruh masyarakat Kalteng untuk mendoakan kafilah Kalteng selalu sehat dan sukses meraih juara.