Unggul, Fahmil Quran Putra Kalteng Masuk Semi Final

Banjarbaru (Humas) Peserta cabang Fahmil Quran putra Kafilah Provinsi Kalimantan Tengah dipastikan masuk ke babak semi final setelah unggul dibabak penyisihan yang dilaksanakan di Gedung Idham Chalid, Jumat (14/10/2022) sore.

Peserta kafilah Kalteng yang terdiri dari Abdul Ghoni, Wahyu Romadhoni dan Rijal Prasetiawan dibabak penyisihan grup 12 bertemu dengan Kafilah Provinsi Banteng, Kalimantan Timur dan DI Yogyakarta.

Kafilah Kalteng sukses mengumpulkan skor nilai 1.520, disusul peserta dari Provinsi DI Yogyakarta dengan nilai 1.060, kemudian Provinsi Banten dengan nilai 825 dan terakhir Provinsi Kalimantan Timur dengan nilai 470.

Kafilah Kalteng memang terlihat lebih mendominasi sejak awal pertandingan, dengan mengumpulkan nilai 200 saat berhasil menjawab soal paket dari regu A dan B yang dilemparkan oleh dewan hakim karena tidak bisa dijawab sempurna.

Kemudian pada soal paket, peserta Kalteng mampu menjawab 95 persen dari 10 soal yang dibacakan dewan hakim. Sehingg peserta Kalteng mampu mengumpulkan nilai 1.120 hingga akhir babak soal paket.

Pada babak rebutan, peserta Kafilah Kalteng sukses menjawab sempurna empat soal yang dibacakan dewan hakim dengan nilai masing-masing 100 sehingga sampai akhir pertandingan peserta cabang fahmil quran putra asal Bumi Tambun Bungai sukses meraih nilai 1.520 poin.

Pelatih cabang fahmil Quran Kafilah Kalteng, Dr. H. Sardimi, M.Pd mengaku bersyukur anak-anak binaanya mampu tampil maksimal dan menjadi juara dibabak penyisihan grup 12.

“Kita sudah prediksi akan unggul dibabak penyisihan, karena penguasaan materi mereka cukup baik,” ucap Dosen Pascasarjana IAIN Palangka Raya itu.

Dikatakan Wakil Rektor III IAIN Palangka Raya ini, saat tryout pada pembinaan kafilah oleh LPTQ Kalteng di Palangka Raya beberapa waktu lau, peserta cabang fahmil Quran rata-rata bisa menjawab dengan baik setiap soal yang berikan pembimbing.

“Untuk yang putra, biasanya dari 20 soal yang kita berikan mereka bisa menjawab 18 soal dengan benar. Sementara untuk yang putri sekitar 75 persen,” ucapnya.

Setelah sukses unggul di babak penyisihan grup 12, peserta Kalteng yang menempati posisi regu C itu akan mengikuti babak semi final yang akan dilaksanakan pada Minggu (16/10/2022) pagi.

“Mohon doa semoga bisa masuk babak final dan bisa menjadi juara di cabang fahmil Quran,” ucapnya.

Sementara Wakil Ketua LPTQ Kalteng, H. Syahruddin yang turut menyaksikan pertandingan peserta cabang fahmil Quran di Gedung Idham Chalid mengaku bangga dengan kemampuan peserta Kalteng.

“Terus jaga semangat, karena pertandingan belum usai. Persiapkan diri lebih matang karena di babak semi final tentu lawannya lebih berat. Terus berikhtiar dan berdoa. Insyaallah kita bisa juara,” ucapnya.