STQH Provinsi Kalteng Dimulai Awal Juli, Panitia Terapkan Prokes

Palangka Raya (Humas) Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XXIII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah akan digelar mulai 1-6 Juli 2021 di Swiss belHotel Danum Jl. Tjilik Riwut Kota Palangka Raya.

Ketua panitia, Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag menjelaskan, STQH akan dibuka oleh Gubernur Kalteng. H. Sugianto Sabran pada Sabtu, 3 Juli 2021 malam.

“Karena kondisi masih pademik Covid-19, seluruh rangkaian kegiatan STQH kita terapkan protokol kesehatan (prokes),” ucapnya.

Dijelaskan seluruh personal yang terlibat dalam penyelenggaraan STQH baik panitia, dewan hakim, official maupun peserta nantinya wajib melakukan swab antigen dengan hasil negatif Covid-19.

“Swab dilakukan di daerah masing-masing maksimal H-2 sebelum tanggal 1 Juli dan hasilnya diserahkan saat registrasi kafilah,” ucap Rektor IAIN Palangka Raya itu.

Dikatakan, untuk mengurangi mobilisasi, seluruh peserta dan official dari kabupaten/kota se Kalteng diimbau untuk mengambil akomodasi di Swiss belHotel, dan panitia membatasi masing-masing kafilah maksimal 30 orang.

Lebih lanjut dikatakan Ketua MUI Kalteng itu, panitia terus berkoordinasi dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 agar pagelaran STQH ke 23 itu tidak menjadi klater baru penularan virus korona.

Sementara sekretaris panitia, H. Syahrudin, SE menjelaskan, kesiapan panitia pelaksana sudah mencapai 70 persen. Hal itu diketahui dari hasil rapat kedua yang dilaksanakan Minggu (13/6/2021) malam di sekretariat LPTQ Kalteng.

“Masing-masing bidang sudah mulai bekerja dan insyaallah pada rapat selanjutnya tanggal 17 Juni persiapan kita sudah bisa mencapai 90 persen,” ucapnya.

Dijelaskan STQH ke 23 akan diikuti kafilah dari 14 kabupaten/kota se Kalteng dan akan memperlombakan empat cabang lomba diantaranya adalah cabang tilawah Alquran golongan anak-anak dan dewasa putra-putri, cabang hifzh Alquran golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz putra dan putri, cabang tafsir Alquran golongan bahasa Arab putra dan putri serta cabang hafalan Al-Hadits golongan 100 hadis dengan sanad dan hafalan 500 hadis tanpa sanad.

“Mohon doa seluruh masyarakat Kalteng agar pagelaran STQH ke 23 tingkat Provinsi Kalteng ini sukses dan bisa terpilih duta-duta Kalteng yang siap mengharumkan Bumi Tambun Bungai di ajang STQ Nasional XXVI pada 16-25 Oktober 2021 di Provinsi Maluku Utara,” ucap H. Syahrudin. (*)