Buka Rakorda LPTQ Kalteng, Ini Pesan Sekda

Palangka Raya (Humas) Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021 resmi dibuka oleh Gubernur Kalteng melalui Sekretaris Daerah, H. Fahrizal Fitri di Swiss-belHotel Danum Palangka Raya, Kamis (25/2/2021) pagi.

Kegiatan itu diikuti sekitar 68 peserta terdiri dari perwakilan pengurus LPTQ Provinsi dan kabupaten/kota se Kalteng.

Ketua Umum LPTQ Kalteng, H. Nuryakin dalam sambutan menyampaikan beberapa hal terkait rakorda, antara lain LPTQ Kalteng terus berupaya melakukan pembenahan dan mempertajam pengembangan program LPTQ salah satunya pelaksanaan MTQ/STQH yang lebih berkualitas sesuai hasil Musda 2018.

“Pada tahun 2020 lalu, seyogyanya kita laksanakan MTQ tingkat Provinsi Kalteng ke XXX di Kabupaten Barsel. Namun menjelang hari H pelaksanaan, terpaksa dibatalkan karena saat itu wabah Covid-19 terus meningkat. Sehingga pemerintah baik pusat maupun provinsi mengeluarkan edaran terkait larangan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak untuk mengantisipasi penularan virus corona,” ucapnya.

Dikatakan, kendati even MTQ provinsi dibatalkan, namun LPTQ Prov. Kalteng tetap mempersiapkan kafilah untuk mengikuti penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII di Kota Padang Prov. Sumatera Barat.

“Alhamdulilah salah seorang peserta kita mampu meraih prestasi sebagai terbaik III cabang tilawah golongan remaja putera atas nama Wahyu Andi Saputra di ajang MTQ Nasional di Sumbar”, imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kalteng itu juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas bantuan dan dukungan Gubernur Kalteng terhadap upaya peningkatan dan perkembangan kinerja LPTQ.

H. Nuryakin juga berharap pembangunan gedung sekretariat LPTQ yang baru bisa segera diselesaikan sehingga dapat difungsikan untuk lebih menunjang kelancaran program kerja LPTQ Prov. Kalteng sehingga nantinya bisa menjadi pusat pelatihan dan pembinaan generasi Qurani di Bumi Tambun Bungai ini.

“Kepada seluruh pengurus LPTQ, mari berperan aktif, berkoordinasi dan bersinergi bersama LPTQ Prov. Kalteng untuk meningkatkan kualitas pembinaan dan kader-kader generasi muda Kalteng yang lebih handal dan berkompeten serta lebih mencintai Alquran. Mari juga kita pererat silahturahmi antar umat demi tegaknya pengembangan syiar Islam untuk mewujudkan Kalteng semakin Berkah,” ucapnya.

Sementara Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulis dibacakan Sekda H. Fahrizal Fitri berharap Rakorda LPTQ, selain dimanfaatkan untuk membahas program kerja juga membahas tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Kalteng yang dilaksanakan November 2021.

Fahrizal Fitri juga mengajak pengurus LPTQ provinsi dan kabupaten/kota untuk mengali potensi dan strategi pengembangan maupun penguatan program kerja LPTQ Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, dalam upaya peningkatan sumber daya peserta yang lebih handal dan berkompeten untuk semua cabang/golongan yang dilombakan, guna meraih prestasi yang lebih baik, terutama dalam menghadapi penyelenggaraan MTQ/STQH Provinsi Kalteng dan STQH Nasional tahun 2021.

Fahrizal Fitri juga berharap agar LPTQ Kalteng selalu berkoordinasi dengan LPTQ nasional sehingga terjadi sinkronisasi/ sinergitas kebijakan nasional tentang pengembangan LPTQ serta peningkatan pelaksanaan MTQ/STQH di daerah.

“Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, saya kembali mengajak sekaligus menghimbau kepada seluruh peserta dan umumnya masyarakat Kalteng, agar menjaga kesehatan dan berupaya meningkatkan kekebalan/imunitas tubuh dengan berolahraga, mengatur pola makan, biasakan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak seraya memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT, sehingga masyarakat Kalteng segera terlepas dan bebas dari pandemi Covid-19,” ucapnya.

Fahrizal juga berharap dalam penyelenggaraan MTQ/STQH bidang perhakiman senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan MTQ tingkat provinsi dan nasional serta upayakan pengkaderan maupun pendalaman kompetensi dewan hakim, sehingga perlu diadakan semacam orientasi/pelatihan sebelum MTQ/STQH dilaksanakan, karena dewan Hakim harus berkompeten dan memiliki integritas serta menguasai  bidang keahliannya  masing-masing.

Acara pembukaan Rakerda yang dilaksanakan satu hari penuh itu juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalteng H. Abdul Rasyid, Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi Kalteng H. Achmad Hairudin, Ketua Penyelenggara Rakorda LPTQ H. Syahrudin, Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalteng H. Khairil Anwar serta sejumlah undangan lainnya.