LPTQ Kalteng Ajak Sukseskan Program Syiar Ramdahan

Palangka Raya (Humas) Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Tengah, Prof. Dr. KH. Khairil Anwar, MAg mengajak pengurus LPTQ ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota se Kalteng untuk melaksanakan edaran Ketua Umum LPTQ tingkat Nasional tentang syiar ramadhan 2024.

Ajakan itu dituangkan dalam surat LPTQ Kalteng Nomor 10/LPTQ-KT/III/2024 tanggal 8 Maret 2024 tentang Surat Edaran Ketua Umum LPTQ tingkat Nasional.

“Kita tindaklanjuti surat edaran itu dengan mengajak seluruh pengurus LPTQ baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se Kalteng untuk melaksanakan program syiar Ramadhan di daerah masing-masing. Kegiatannya didokumentasikan dan dilaporkan ke tim media LPTQ Nasional melalui form laporan yang telah kami distribusikan,” ucapnya.

Dikatakan program syiar ramadhan dilaksanakan untuk penguatan tugas pokok dan fungsi LPTQ dalam memberikan edukasi dan tuntunan kepada umat Islam dalam memahami dan memaknai nilai-nilai Alquran dan hadis, serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada bulan Ramadan.

“Jadi sesuai edaran itu, selama ramadhan ini LPTQ diminta berperan nyata di tengah masyarakat dengan cara mendorong para qari juara MTQ dan pengurus LPTQ kab/kota se Kalteng untuk menjadi imam di masjid-masjid, khususnya di masjid raya, agung, jami atau lainnya, sehingga keindahan dan kefasihan bacaan Alqurannya bisa menginspirasi dan memberikan semangat baru dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadan khususnya shalat tarawih,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Guru Besar IAIN Palangka Raya itu, LPTQ juga diminta bekerjasama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan kegiatan tahsin dan tadarus Alquran, pembinaan tilawah, tahfidz, menulis Alquran maupun kajian tafsir tematik dengan sasaran kalangan majelis taklim, mahasiswa, siswa sekolah dan madrasah, serta masyarakat umum lainnya.

Sementara Sekretaris Umum LPTQ Kalteng, HM Yusi Abdhian, MHI mengatakan, LPTQ Kalteng selama Ramadhan 1445 H/2024 M telah menerjunkan sejumlah qari pada kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat umum. LPTQ juga menerjunkan sejumlah pengurus dan qari untuk menjadi imam shalat tarawih di masjid-masjid yang ada di Palangka Raya.

“Untuk Masjid Raya Darussalam, imam shalat tarawih rata-rata adalah qari dan dewan hakim MTQH/STQH. Begitu juga pada kegiatan tadarus juga diikuti qari binaan LPTQ Kalteng. Untuk kegiatan tausiyah atau kultum baik setelah shalat dzuhur maupun shalat subuh juga diisi oleh pengurus LPTQ Kalteng,” ucapnya seraya mengatakan LPTQ Kalteng masih menunggu informasi atau laporan dari LPTQ Kabupaten/Kota se Kalteng terkait pelaksanaan surat edaran dari LPTQ tingkat Nasional.