Ini Pesan Kakanwil untuk Pengurus LPTQ Kalteng

Palangka Raya (Humas) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. H. Abdul Rasyid, M.Ag menghadiri silaturahmi bersama pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Tengah di Aula Lt1 Masjid Raya Darussalam Palangka Raya, Selasa (29/9/2020) malam.

Kakanwil didampingi Plt Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam, H. Ardiansyah dan sejumlah pejabat lain.

Dalam arahan, Kakanwil menyampaikan pesan Menteri Agama RI, H.Fachrul Razi saat launching MTQ Nasional ke 28 di Kota Padang, Provinsi Sumbar.

“Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan pertama pengurus LPTQ harus terus intensif melakukan pembinaan.Jangan jadikan wabah Covid ini sebagai penghalang untuk tetap produktif melaksanakan program,” ucap Mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara ini.

Kedua, LPTQ harus terus bersinergi dengan Kementerian Agama dalam membangun nilai-nilai agama dalam kehidupan masyarakat guna mengokohkan moralitas bangsa.

Ketiga, jadikan kegiatan-kegiatan MTQ, STQ atau program-program lain LPTQ untuk menstimulasi umat agar lebih mencintai dan mau mempelajari serta mendalami isi kandungan Alquran.

Di hadapan unsur pimpinan LPTQ dan panitia pembinaan peserta MTQ nasional kafilah Kalteng, Kakanwil juga meminta agar LPTQ terus mempersiapkan peserta MTQ nasional asal Kalteng sehingga duta Bumi Tambun Bungai bisa meraih prestasi maksimal di ajang MTQ Nasional di Kota Padang, Provinsi Sumbar pada November 2020 mendatang.

“Kalteng banyak memiliki pontensi.Jika ini dikelola dan dibina dengan baik, insyaallah bisa semakin mengharumkan provinsi ini di tingkat nasional,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kakanwil juga mengajak LPTQ untuk terus menggaungkan kerukunan antar umat beragama, sehingga masyarakat Kalteng semakin rukun dan harmonis.

“Kerukunan itu yang utama. Karena itu tekad kami akan terus memberikan pelayanan dan pembinaan kepada seluruh umat beragama di Kalteng,” ucapnya.

Sementara Ketua Umum LPTQ, Drs.H.Nuryakin MSi menjelaskan, pembinaan bagi peserta MTQ nasional asal Kalteng diagendakan mulai tanggal 1-10 November 2020 di Palangka Raya.

“Ada sekitar 44 peserta yang telah kita tunjuk dari hasil kejuaraan STQ tahun 2019 lalu, karena MTQ tahun ini batal kita laksanakan karena pandemi Covid,” ucapnya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kalteng ini juga mengatakan, ke depan LPTQ akan terus mengkaji pelaksanaan MTQ, STQ sesuai dengan kondisi. Sehingga program LPTQ akan terus berjalan.

“Jika pandemi Covid masih berlangsung, kemungkinan penyelenggaraan STQ atau MTQ tingkat provinsi akan kita laksanakan secara virtual,” ucapnya.

Acara silaturahmi sekitar dua setengah jam tersebut berlangsung sangat cair dan santai. Acara diawali dengan doa dan makan malam bersama serta sambutan dan arahan Kakanwil.

Acara yang dipandu oleh Sekretaris Umum LPTQ sekaligus Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara, HM Yusi Abdhian, SHI, MHI itu dihadiri unsur pimpinan, bidang-bidang dan perwakilan panitia pembinaan peserta MTQ nasional kafilah Kalteng. (rahmat fauzi)