Pengurus LPTQ Gelar Silaturahmi dengan Kakanwil Kemenag Kalteng

Kakanwil Kemenag Kalteng bersama pengurus LPTQ Kalteng usai acara silaturahmi di aula Lt1 Masjid Raya Darussalam Palangka Raya

Palangka Raya (Humas) Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar silaturahmi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalteng yang baru, Dr.H.Abdul Rasyid M.Ag di Aula Lt 1 Masjid Raya Darussalam Palangka Raya, Selasa (29/9/2020) malam.

Acara itu diikuti unsur pimpinan LPTQ, bidang-bidang dan perwakilan panitia pembinaan peserta MTQ kafilah Kalteng.

Silaturahmi berlangsung cair dan santai diawali doa dan makan malam bersama, kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Umum LPTQ Drs.H.Nuryakin MSi, sambutan Ketua Harian LPTQ sekaligus Ketua Umum Badan Pengelola Masjid Raya Darussalam Dr.H. Khairil Anwar MAg, dan arahan Kepala Kanwil Kemenag Kalteng.

Ketua Umum LPTQ H. Nuryakin dalam sambutan mengatakan, silaturahmi penting dilaksanakan untuk meningkatkan sinergisitas antara LPTQ dengan Kementerian Agama dan Pemprov Kalteng.

Terlebih menjelang pelaksanaan MTQ Nasional tahun 2020 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

“Kita mengharapkan arahan bapak Kakanwil agar kafilah kita betul-betul siap dan bisa mengukir prestasi terbaik di ajang MTQ nasional itu,” ucap Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kalteng itu.

Dikatakan, MTQ ke 30 tingkat Provinsi Kalteng tahun 2020 batal dilaksanakan karena pademi Covid-19. Karena itu, LPTQ menetapkan para juara STQ provinsi tahun 2019 sebagai duta Kalteng di even MTQ Nasional tahun ini.

“Tentu kita tetap memperhatikan persyaratan administrasi seperti batas usia dan lainnya,” ucapnya.

Untuk memaksimalkan persiapan peserta, lanjut Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya tahun 2008-2013 ini, LPTQ akan melaksanakan pembinaan peserta MTQ kafilah Kalteng pada tanggal 1-10 November 2020 mendatang di Palangka Raya.

Ketua Umum Badan Pengelola Masjid Raya Darussalam sekaligus Ketua Harian LPTQ, H.Khairil Anwar menjelaskan sejarah singkat sekretariat LPTQ di Masjid Raya Darussalam.

Rektor IAIN Palangka Raya itu juga menjelaskan soal status aset tanah dan bangunan Masjid Raya Darussalam Palangka Raya.

“Untuk tanah masjid termasuk IAIN dan asrama haji ini adalah aset Ditjen Bimas Islam dan Urusan Haji. Sementara bangunan masjid adalah aset Pemprov sehingga sering menjadi persoalan saat pemeriksaan inspektorat. Karena itu harus kita carikan solusinya,” ucapnya.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H.Abdul Rasyid dalam arahan mengku bersyukur bisa bersilaturahmi dengan pengurus LPTQ Kalteng.

Mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara itu berpesan agar LPTQ Kalteng terus melakukan pembinaan agar Kalteng terus meraih prestasi gemilang di tingkat nasional.

“Sesuai pesan Bapak Menteri Agama, jadikan MTQ, STQ ataupun kegiatan-kegiatan lain LPTQ untuk memberikan pemahaman masyarakat terhadap isi kandungan Alquran,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Kakanwil juga menegaskan akan terus meningkatkan sinergisitas dengan LPTQ dan Pemprov Kalteng utamanya dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan umat. Sehingga masyarakat Kalteng semakin rukun dan makmur. (rahmat fauzi)