Kafilah Kalteng Boyong Empat Juara di STQH Nasional Jambi

Palangka Raya (Humas) Prestasi membanggakan diraih Kafilah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XXVII tingkat Nasional tahun 2023 di Provinsi Jambi.

Kafilah yang dipimpin oleh Prof Dr KH Khairil Anwar, MAg itu sukses meraih empat juara yakni juara terbaik II pawai ta’aruf, juara terbaik III  cabang seni baca Alquran golongan dewasa putra oleh Wahyu Andi Saputra, juara terbaik III cabang hafalan Alquran golongan 10 juz putri oleh Vira Mawada Rahma dan juara terbaik harapan II cabang hafalan Alquran golongan 20 juz putra oleh Muhammad Ifansyah.

Penetapan juara itu berdasarkan keputusan dewan hakim yang diketuai oleh KH Ahsin Sakho Muhammad saat acara penutupan STQH XXVII Nasional oleh Wakil Menteri Agama RI, Senin (6/11/2023) malam.

Sekretaris Umum LPTQ Kalteng, HM Yusi Abdhian, SHI, MHI mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih kafilah Bumi Tambun.  Ia memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah sukses mengharumkan Provinsi Kalteng di ajang STQH Nasional ke 27 itu.

Dikatakan, pada pagelaran STQH Nasional XXVII, LPTQ Kalteng mengutus 17 peserta. Sebelum bertolak ke Jambi, peserta terlebih dahulu diberikan pembekalan baik secara langsung di Quranic Centre LPTQ Kalteng dengan menghadirkan sejumlah pelatih nasional maupun pelatihan secara online oleh sejumlah pelatih dari Bumi Tambun Bungai.

Senada Ketua Harian LPTQ Kalteng, Prof DR. KH Khairil Anwar, MAg juga memberikan apresaisi atas prestasi Kafilah Kalteng di ajang tersebut. “Alhamdulillah, tiga peserta kita sukses meraih juara. Terus bersyukur dengan prestasi yang diraih dan terus berjuang untuk meningkatkan kemampuan sehingga tahun depan bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Kepada peserta yang belum meraih juara, Prof Khairil berpesan agar tidak berkecil hati, namun menjadikan itu sebagai pengalaman dan motivasi untuk semakin giat berlatih sehingga ke depan bisa meraih prestasi terbaik.

“Semua peserta sudah memberikan penampilan terbaik, namun namanya perlombaan pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Karena itu, juara bukan tujuan utama kita, yang terpenting adalah menjadikan even STQH sebagai wadah untuk berlatih menyiapkan mental sebagai pejuang yang memiliki mental yang kuat, tangguh, berjiwa besar, disiplin dan pantang menyerah,” ucapnya.

Prof. Khairil juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Kalteng, Kemenag Kalteng, LPTQ kabupaten/kota se-Kalteng, terkusus kepada semua peserta, pendamping dan official yang telah berjuang mengharumkan Provinsi Kalteng di ajang STQH XXVII Nasional di Jambi.

“Mari terus berjuang, melatih dan membina anak-anak kita agar di event STQH maupun MTQH selanjutnya, baik tingkat provinsi maupun nasional, kafilah Kalteng betul-betul siap berkompetisi meraih prestasi terbaik,” ucapnya